terima kasih sudah mengunjungi blog ini, blog ini berisikan Info tentang seputar sepeda motor yang dapat anda Akses langsung, Blog ini juga dilengkapi dengan Shoutmix yang fungsinya dapat bertukar ide, pesan, atau kesan.

Puncak Juga Disesaki Sepeda Motor

BOGOR (Pos Kota) – Kepala Dinas Lalulintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Subiantoro, menuturkan, hingga Jumat (2/9) siang tercatat 6.146 sepeda motor dan 2.758 mobil pribadi melintasi jalur wisata Puncak menuju Cianjur.

Sementara dari arus sebaliknya, tercatat 5.602 sepeda motor dan 1.061 mobil menuju Kota Bogor dan Depok. Jalur Puncak yang padat merayap, membuat pengguna jalan hanya bisa memacu kecepatan kendaraan rata-rata 10-20 km/jam.

Kecepatan yang di bawah kondisi normal atau sekitar 40-50 km/jam disaat kondisi normal ini, tentu selain berdampak pada kemacetan, juga terjadinya pemborosan bahan bakar minyak (BBM).

“Beban di jalur wisata Puncak, sudah berlebihan atau over kapasitas. Tidak ada penambahan kapasitas jalan, tetapi kendaraan wisatawan terus saja bertambah,” kata Subiantoro saat dikonfirmasi melalui saluran telepon Jumat (2/9) siang.

Dia menambahkan, panjang jalur Puncak sepanjang 25 kilometer. Jarak ini diukur dari pertigaan Gadog menuju Puncak Pass. Lebar jalan rata-rata hanya sekitar enam meter. Menurut Subiantoro, jalur wisata Puncak yang selalu berpotensi macet, selalu diburu wisatawan baik domestik maupun manca negara, karena memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang indah.

Jalur yang rawan kecelakaan karena berbelok tajam dan tikungan menurun ini, perlu ada penambahan infrastruktur. Hal ini untuk menangani persoalan kemacetan puncak yang terus terjadi setiap liburan tiba.

“Kalau panjang jalan dari Gadog hingga Puncak Pass kurang lebih 25 kilometer, seharusnya bisa di tempuh dengan 40-60 km/jam untuk situasi normal.

“Kalau libur begini apalagi macet, 10 km saja bisa lebih dari satu jam,”katanya.

Selanjutnya Subiantoro juga menambahkan lebar jalan puncak yang hanya 6 meter, memang perlu di perlebar. Namun niat ini terkendala dengan anggaran.

“Dalam 10 tahun terakhir ini, belum ada pelebaran jalan,” tambahnya. (yopi)

Data kendaraan yang melintas di kawasan Puncak

Cisarua Puncak. (2-09-2011) s/d 12.00
Arah Cianjur – Bogor

S.Motor : 5 602
M.Pribadi : 1 061
MPU : 191
BUS Besar : 12
TR. Kecil : 56
TR. Besar : 1

Arah Bogor – cianjur

S.Motor : 6 146
Mb.Pribadi : 2 758
MPU : 284
Bus Besar : 102
TR. Kecil : 219
TR. Besar : 8



0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More